Sunday, June 28, 2015

CB PANCASILA : MINGGU KEDUA

Laporan minggu kedua

Nama       : Galih Ayu Setyorini A.
NIM         : 1801413501
Hari          : Jumat
Tanggal    :13 maret 2015


Sampailah minggu kedua.

Setelah mencari tempat, di minggu ke dua ini, akhirnya kami menemukan dan memulai kegiatan kami. Lokasi bertepatan tempat di rumah warga yang letaknya berada di Halaman belakang rumah tersebut dan kebun belakang rumahnya. Keadaan tanah sangat basah karena kami memulai kegiatan ketika musim hujan, dan tanah banyak genangan air karena tidak adanya resapan air, sehingga tanah tidak di tumbuhi rumput karena genangan air tersebut.

Pada tahap kali ini saya dan kelompok saya mulai membuat lubang bioporinya. Langkah - langkahny asebagai berikut:


Pertama kami melubangi tanah menggunakan linggis lalu membuat lubangan dengan alat penggali lubang yang telah di sediakan.

                          

Pada awal pelubangan semua masih terasa mudah. Lalu setelah mulai melubangi dengan alat pelubang dan itu sangat sulit dari yang di bayangkan, alat tersebut terasa berat dan tanah sulit sekali di lubangi. Walaupun keadaan tanah sangat basah yang logika seharusnya malah lebih mudah melubangi, malah memperhambat karena sangat licin sehingga kami harus melubangi bersama,supaya tidak terpeleset.


Lalu setelah lubang cukup dalam pipa pralon yang telah di siapkan di masukan daun - daun kering.  Kami mengumpulkan daun - daun yang telah kering atau berguguran di sekitar wilayah kebun dan di sekitar komplek. Kami tidak mencabut daun dari pohon tapi kami mengambil daun yang ada di bawah supaya tidak merusak lingkungan atau pohon.



Lalu pipa di masukan ke dalam tanah.



Dengan usaha yang keras kami smua dapat membuat 12 lubang dalam sehari. Karena kita memulai dari pagi hinga sore hari.



Hasil yang di dapat : kerjasama, gotong royong, tantangan dalam membuat lubang yang ternayata tidak semudah yang di bayangkan.

Saya sangat senang pada kegiatan pada minggu kedua ini karena sangat bermanfaat untuk kenyamanan lingkungan masyarakat dan menambah wawasan dan pengalaman akan lingkungan.


Berikiut foto saya dan kelompok saya dalam waktu istirahat:


Dan berikut video kami :





No comments:

Post a Comment