Sunday, June 28, 2015

CB PANCASILA : MINGGU KEEMPAT

Laporan Minggu Keempat

Nama      : Galih Ayu Setyorini A.
NIM        : 1801413501
Hari         : Jumat
Tanggal   :17 april 2015



Sampailah minggu terakhir penelitian kami. 

Pada minggu ke empat ini kamipun melakukan pengamatan kembali seperti minggu sebelumnya. Kami amat berharap pengamatan ini memiliki hasil yang lebih baik dari minggu sebelumnya.

Harapan kami menjadi nyata, dan dugaan kami benar kegiatan ini membawa hasil. Di pengamatan minggu ini kami melihat adanya kemajuan keadaan tanah sekitar lubang resapan yang kami buat. Gengangan air berkurang, keadaan tanah tidak terlalu basah sehingga memperbaiki keadaan rumput. 

Lokasi lain selain di dalam rumah kebun warga ada di lapangan komplek. Di sana keadaannya mulai membaik dengan tumbuhnya rumput di sekitar lapangan kosong di dalam komplek ini. 

Hewan melata yang biasa keluar pada musim hujan, dan pada saat keadaan tanah dan udara lembab juga sudah mulai berkurang. Yang biasanya selalu keluar jadi tidak sering seperti sebelum adanya lubang biopori.

Kami juga memeriksa daunnya kembali, daunnya menjadi lebih hitam pekat karena terkena lumpur dan terjadi pembusukan karena proses - proses penguraian oleh bakteri yang ada di tanah sehingga dapat di gunakan menjadi pupuk atau kompos organik yang ramah terhadap lingkungan.


Dari kegiatan ini kami belajar bahwa kegiatan pembuatan biopori ini bukanlah hanya pelubangan tanah semata. Tapi kegiatan ini memiliki arti dan manfaat yang luar biasa. Manfaat sangat bermanfaat bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melaksakan kehidupan sehari - hari sangat penting, sehingga kami dapat lebih peduli kepada keadaan sesama, keadaan lingkungan di luar maupun sekitar kita, dan lebih belajar bergotong royong dan menjujung tinggi nilai pancasila dan menjadi warga indonesia yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment